Call +62 214415609
WHAT'S NEW?
Loading...

Pengertian Guru Pendamping (Shadow Teacher)

Teacher)

Guru PendampingDalam tataran pragmatis, ada pergeseran peran dan istilah guru pendamping (shadow teacher), pergesaran peran yang nyata bagi guru pendamping adalah guru pendamping membantu mengajar anak di kelas bersama guru kelas.

Padahal yang benar, seorang guru pendamping atau shadow teacher bertugas mendampingi anak berkebutuhan khusus (special needs children), terutama anak-anak yang terdiagnosis ASD (Autism Spectrum Disorder), ADD / ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), Dyspraxia (Motor Planning Disorders), Dyslexia (Kesulitan Berbahasa dan Mengeja), Down syndrome (Penurunan Kognitif dan Fisik) dan Underachiever (anak berbakat yang kurang ditumbuh-kembangkan atas potensi yang dimilikinya) yang ada di kelas.

Menurut Yuwono, Joko. 2007 dalam Pendidikan Inklusif menjelaskan bahwa :
”Guru pendamping adalah guru yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang anak-anak kebutuhan khusus yang membantu atau bekerjasama dengan guru sekolah regular dalam menciptakan pembelajaran yang inklusi. Peran guru pendamping dalam membantu guru reguler dikarenakan keterbatasan pengetahuan dan ketrampilan guru-guru tersebut”.
Salah satu contoh peran guru pendamping (shadow teacher) dalam membantu atau kerjasama dengan guru regular adalah memberi informasi tentang siswa/anak berkebutuhan khusus (special needs children) dan membuat perencanaan pembelajaran secara bersama agar semua anak dapat berpartisipasi di dalam kelas sesuai level keberfungsiannya. Guru pendamping (shadow teacher) sepertinya harus diposisikan sebagai teman berdiskusi oleh guru reguler, tempat mencurahkan permasalahan tentang anak berkebutuhan khusus (special needs children), mendiskusikan dan meminta solusi, dan lain sebagainya.

Guru pendamping (shadow teacher) selayaknya memberikan segala apa yang telah menjadi tugas dan kewajibannya, dalam bahasa akademisnya guru pendamping (shadow teacher) bertindak dan berperan aktif sebagai konsultan. Oleh karenanya guru pendamping (shadow teacher) selayaknya adalah mereka yang benar-benar memiliki pengetahuan, ketrampilan dan keahlian dalam membantu anak-anak berkebutuhan khusus (special need children).

Ref

0 komentar:

Posting Komentar